Selasa, 17 Januari 2012

Pengkondisian Dalam Bulutangkis


Pengkondisian Umum


Salah satu metode yang terbaik untuk mengembangkan kondisi secara keseluruhan bagi semua jenis olahraga ialah “LARI”. Sangat sedikit peralatan yang dibutuhkan dalam olahraga lari, dan selalu tersedia lapangan-lapangan terbuka seperti lapangan sekolah, lapangan sepak bola, dan jalan raya, yang dapat digunakan orang untuk melakukan olahraga lari.

Bila Anda benar-benar belum terkondisikan (belum pernah berlatih), mulailah pelan-pelan, dan berlarilah hanya satu lap saja (kira-kira 2 menit) pada saat pertama kali. Perlahan-lahan tambahkan waktu ini sehingga Anda dapat berlari 3 km dalam waktu 12-14 menit. Banyak pemain pria yang mampu memcapai jarak 3 km hanya dalam waktu 12 menit, sedangkan pemain putri biasanya menghabiskan waktu 14 menit untuk menempuh jarak yang sama (3 km).

Bila setelah melakukan hal tersebut, ternyata Anda masih mampu berlari 3 km lagi atau bahkan lebih, dan dalam beberapa menit kemudian dapat berada dalam kondisi normal kembali, maka kondisi umum Anda cukup baik.

Latihan “lari” seperti itu, dapat Anda gunakan “hanya”  untuk mencapai pengkondisian umum (sehat). Setelah itu, berarti Anda telah siap melanjutkan proses ke kondisi khusus untuk permainan bulutangkis.


Pengkondisian Untuk Bulutangkis

Pemain banyak yang menjadi lelah dalam permainan bulutangkis karena start yang cepat, berhenti, dan berubah-ubahnya arah gerakan. Oleh karena itu, pengkondisian khusus terutama terdiri atas gerakan tiba-tiba yang cepat, perubahan kecepatan, dan arah gerak yang berubah-ubah. Untuk itu, gunakan sebanyak mungkin latihan berupa permainan.

Latihan-latihan yang memberi petunjuk tentang gerakan-gerakan yang perlu ditekankan berkaitan dengan pengkondisian khusus dalam olahraga bulutangkis.

  1. Alternatif sentuhan kaki
Berdirilah pada garis samping tunggal dan ganda lapangan bulutangkis (menghadap lapangan), dengan satu kaki pada garis lapangan tunggal dan kaki yang lain pada garis lapangan ganda. Pertukarkan kaki kanan dan kaki kiri dengan melompat-lompat sambil bergantian memajukan kaki Anda secepat mungkin.

Berapa lompatan yang dapat Anda lakukan dalam waktu: 30 detik 1 menit; dan 5 menit?. Latihlah gerakan ini sehingga Anda dapat melakukannya selama lima menit dengan kontinyu.

  1. Mengetuk kedua kaki bersamaan
Berdirilah dengan satu kaki pada garis belakang, dan kaki lain pada ‘garis servis ganda’ di belakang lapangan. Lakukan lompatan dan ketuklah (saling bersentuhan) kedua kaki Anda, kemudian kembalilah ke posisi semula.

Berapa lompatan yang dapat Anda lakukan: dalam 30 detik; dalam 1 menit; dan dalam 5 menit?.

  1. Memungut shuttle
Letakkan masing-masing satu shuttle pada garis samping ganda lapangan. Mulailah dengan sebuah shuttle di tangan Anda, dan berlarilah ke sisi lapangan yang satu, tukarkan shuttle yang ada dalam tangan Anda dengan shuttle yang terletak di lantai. Lalu kembalilah ke sisi yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Berapa kali gerakan dapat Anda lakukan dalam waktu: 1 menit; 2 menit; dan 5 menit?.

  1. Menyentuh garis
Pada lapangan bulutangkis (tanpa jaring), mulailah berlari dari salah satu garis belakang ke ‘garis servis pendek’. Sentuhlah garis dengan salah satu tangan dan kembalilah ke garis belakang lapangan. Kemudian larilah ke ‘garis servis pendek’ di sisi lain lapangan, sentuhlah dengan tangan Anda, dan kembalilah lagi ke garis belakang pertama. Kemudian larilah ke garis belakang sisi lapangan yang berseberangan, sentuhlah dan kembali ke garis belakang Anda.
Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk melakukan gerakan lari ini? Cobalah untuk melakukannya sesingkat mungkin pada latihan-latihan Anda selanjutnya (dipercepat lari dan waktunya).

  1. Lari Cepat
Larilah (maju atau mundur) dengan jarak 18 meter. Kemudian berjalanlah 18 meter dan kembalilah berlari. Demikian seterusnya. Cobalah untuk menambah kecepatan Anda secepat mungkin. Lakukan beberapa latihan lari seperti ini sampai Anda merasa letih.

Tambahkan jumlah jarak yang Anda tempuh dalam latihan lari cepat ini setiap hari.

  1. Bulutangkis bayangan
Berdirilah di tengah lapangan bulutangkis, berlarilah ke segenap sudut lapangan, dan lakukan permainan rally dalam imajinasi Anda (lakukan pukulan clear, drop, dan smash) dengan shuttle imajinasi.

Kembalilah selalu ke posisi tengah lapangan setiap Anda selesai melakukan pukulan bayangan tersebut. Latihlah ‘cara mengatur kaki’ (footwork) Anda pada saat ini.

Buatlah latihan Anda lebih sukar dengan meminta teman Anda berdiri di tengah jaring dan menunjuk sudut-sudut yang berlainan di lapangan Anda. Hal ini akan membuat latihan Anda lebih realistis (nyata) karena Anda tidak dapat mengetahui ke mana pukulan lawan yang berikutnya.

Masih ada banyak jenis latihan yang dapat digunakan, yang sama baiknya dengan latihan-latihan yang baru disebutkan ini. Latihan-latihan yang baru Anda pelajari di atas merupakan latihan-latihan yang sering digunakan dan sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan para pemain turnamen dengan Kaliber ‘JUARA’.

Tekankanlah hal-hal berikut ini dalam mengembangkan latihan pengkondisian:
  • Usahakanlah agar latihan ini bersifat permainan;
  • Latihlah dengan melakukan start yang cepat, berhenti bergerak, dan bergerak berubah-ubah; karena faktor-faktor ini yang membuat Anda letih pada saat bertanding melawan pemain yang lebih tinggi tingkat permainannya daripada Anda.

Minggu, 15 Januari 2012

Taktik Dan Strategi



Smash (smes)

Sasaran yang paling baik untuk pukulan smes dalam permainan ganda ialah langsung menuju tubuh lawan. Alasan utama untuk ini, yaitu:
  1. Lawan tidak mudah untuk melakukan pukulan ‘drive keras menyilang lapangan, yang mungkin akan menyulitkan Anda;
  2. Pukulan smes lurus akan lebih cepat mencapai lawan Anda; dan
  3. Partner main Anda akan mudah menebak arah pukulan smes Anda dan akan dapat menebak kemungkinan pukulan balasan dari lawan

Karena banyak pemain yang lebih suka dan merasa lebih mampu mempertahankan diri dengan posisi backhand, beberapa tim memilih untuk mengarahkan pukulan smesnya ke sisi kanan lawan. Menurut mereka, ini akan memaksa lawan melakukan pukulan pengembalian yang lebih lemah.

Bila ternyata lawan Anda dapat mengembalikan pukulan smes Anda dengan baik, ubahlah sasaran pukulan-pukulan Anda ke tempat yang berbeda-beda (misalnya: dari forehand ke backhand, ke forehand ke backhand). Hal ini akan memaksanya untuk mengubah  posisinya pada setiap pukulan Anda. Bila ia mundur ke belakang supaya dapat mengatur waktunya dengan lebih baik dalam menghadapi smes Anda. Lakukan pukulan smes dengan sudut tajam dan kecepatan yang lebih rendah. Pukulan ini akan menyebabkan shuttle jatuh ke lantai, di muka raket lawan yang diulurkannya ke muka untuk menjangkau shuttle. Variasikan kecepatan dan pukulan-pukulan smes Anda. Kadang-kadang gunakan pukulan smes datar lambat ke arah dada lawan. Ini akan mengubah pengaturan waktu dan irama permainannya, terutama bila ia berhasil menghadapi smes Anda dengan baik. Bila lawan bergerak ke dekat garis tengah lapangan untuk mempertahankan diri, lakukan pukulan kearah tepi di bagian belakang lapangannya. Ini terutama akan berhasil bila Anda lebih dahulu melakukan smes ke tengah lapangan, sehingga daerah belakang lapangan lawan menjadi terbuka.

Bila lawan Anda mengarahkan shuttle ke atas, ke tengah lapangan Anda, jatuhkan smes ke garis tengah lapangannya. Hal ini sangat baik karena:
  1. Keragu-raguan akan membuat kedua pemain lawan sama-sama tidak memukul shuttle; dan
  2. Sudut pengembalian yang dilakukan lawan tidak akan menyulitkan tim Anda.
Pada prinsipnya, usahakan agar tim lawan tidak dapat melancarkan suatu pukulan smes yang diarahkan ke bagian tepi lapangan Anda. Anda akan memenangkan permainan ganda dengan baik bila melakukan pukulan-pukulan smes.

Selasa, 10 Januari 2012

Istilah Bulutangkis (Badminton Terminologi)



ABA
American Badminton Assosiation; Organisasi Bulutangkis Nasional Amerika Serikat, didirikan pada Tahun 1936

Alley
Perluasan selebar 46 cm (1 ½ Kaki) di kedua sisi samping lapangan Bulutangkis yang digunakan sebagai batas lapangan dalam permainan ganda

Attacking Clear
Pukulan clear menyerang; pukulan yang menyebabkan shuttle dapat melampaui raket lawan dan jatuh di bagian belakang lapangannya; kadang-kadang dinamakan offensive clear

Back Alley
Daerah pada lapangan Bulutangkis antara garis batas belakang dan garis service panjang yang digunakan dalam permainan ganda; lebar daerah ini ialah 76 cm (2 ½ Kaki)

Backcourt
Lapangan belakang; bagian belakang lapangan Bulutangkis disekitar garis batas belakang; setengah lapangan sebelah dalam

Backhand
Telapak tangan menghadap ke belakang; bagian tubuh pemain pada sisi yang tidak memegang raket. Untuk pemain yang memegang raket dengan tangan kanan (tidak kidal), sisi backhand ialah sisi kiri tubuhnya. Pukulan backhand ialah pukulan yang dilakukan dari sisi tubuh sebelah kiri

Baseline
Garis belakang lapangan; garis yang sejajar dengan jaring dan merupakan batas akhir dari daerah permainan

Base
Pangkalan; suatu titik kira-kira di tengah lapangan Anda, ke mana Anda harus selalu berusaha untuk kembali setelah melakukan setiap pukulan

Bird
Bola Bulutangkis; istilah yang sering dipakai untuk shuttle; benda yang dilemparkan sebagai pengganti bola

Block
Block; menempatkan bidang raket di muka shuttle yang sedang melayang, dan membiarkannya terpental sendiri dari raket, kembali ke sisi lapangan lawan. Sedikit sekali dilakukan gerakan memukul shuttle

Carry
Membawa shuttle; pada saat pukulan dilakukan, shuttle menyentuh raket dengan agak lama (tidak langsung terpental). Pukulan seperti ini tidak sah. Biasanya shuttle akan meninggalkan raket dengan arah layang tidak sesuai dengan kehendak pemain

Clear
Pukulan yang tinggi dan jauh kebelakang

Combination Doubles Formation
Formasi ganda kombinasi; formasi yang merupakan kombinasi posisi bersisian dan posisi di muka dan di belakang

Court
Lapangan; daerah permainan. Meskipun ukurannya berubah-ubah pada sekitar tahun 1800, tetapi sejak tahun 1930 telah dilakukan standarisasi yaitu 6,1 meter kali 13,4 meter (20 kaki x 44 kaki) untuk permainan ganda dan 5,2 meter kali 13,4 meter (17 kaki x 44 kaki) untuk permainan tunggal

Cross-court
Menyilang lapangan; pukulan yang dilakukan menyilang secara diagonal menyeberangi lapangan  dari sisi yang satu ke sisi yang lain

Deception
Gerak tipu;  melakukan gerakan untuk menipu lawan dengan cara mengubah arah dan kecepatan shuttle pada detik terakhir sebelum pukulan dilakukan

Double hit
Memukul dua kali; menyentuh shuttle dua kali berturut-turut dalam satu pukulan yang sama. Pukulan ini merupakan pukulan yang tidak sah

Drive
Pukulan yang keras, datar, dan cepat, yang menyebabkan arah layang horizontal menyeberangi jaring. Biasanya diusahakan agar pada saat shuttle menyeberangi jaring, ia berada dekat dengan tepi atas jaring, kemudian arah layangnya menuju kebawah

Drive serve
Servis drive; pukulan servis yang keras dan cepat, dengan arah layang yang datar. Biasanya digunakan pada permainan ganda serta diarahkan ke kepala atau bahu lawan

Drop
Drop;  Pukulan yang tepat melampaui jaring dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan

Fault
Kesalahan; pelanggaran dari peraturan yang berlaku. Fault atau ‘kesalahan’ dapat dilakukan pada saat melakukan pukulan servis, baik oleh pelaku maupun oleh penerima servis tersebut, atau di tengah permainan sedang berlangsung    

First service
Servis pertama; istilah yang digunakan dalam pertandingan ganda, yang menyatakan bahwa tim yang sedang melakukan servis masih mempunyai kesempatan kedua untuk servisnya. Istilah ini hanya ada dalam pertandingan ganda (putra, putri, maupun campuran) yang menggunakan sistem tradisional (dengan hitungan 15), tidak dikenal dalam pertandingan yang menggunakan sistem rally point yang menggunakan hitungan 21

Flick serve
Servis menjentik; digunakan dalam permainan ganda: yakni ketika lawan mengharapkan pukulan servis rendah, tiba-tiba pelaku servis melakukan gerakan memutar lengan bawah dan pergelangan tangan secara cepat hingga mengubah pukulan yang biasa (pelan) menjadi pukulan yang lebih cepat

Foot fault
Kesalahan kaki; pelanggaran peraturan di mana kaki dari pelaku servis atau penerima servis tidak berada pada posisi yang diharuskan oleh peraturan. Ini dapat dinamakan posisi dan/atau gerakan yang tidak sah

Forecourt
Depan lapangan; daerah lapangan yang dekat dengan jaring. Biasanya daerah yang dimaksud  ialah antara garis servis pendek dan jaring

Forehand
Telapak tangan menghadap ke depan; bagian tubuh pada sisi yang memegang raket. Untuk pemain yang memegang raket pada tangan kanan (bukan kidal), maka sisi kanan tubuhnya yang dinamakan forehand. Demikian pula pukulan yang dilakukan di sisi kanan tubuh dinamakan forehand

Game
Gim; jumlah angka yang dibutuhkan untuk dapat memenangkan pertandingan. Untuk sistem tradisional: angka 15 ialah angka yang harus dicapai dalam pertandingan tunggal putra dan ganda (baik ganda putra, ganda putri, maupun ganda campuran); angka 11 dalam pertandingan tunggal putri. Untuk sistem rally point, dimana angka terus bertambah bagi salah satu pihak setiap terjadi kesalahan di pihak lawannya: angka 21 ialah angka yang harus dicapai dalam semua jenis pertandingan, baik tunggal (putra-putri), ganda (putra-putri), maupun ganda campuran. Catatan: angka-angka tersebut diatas berlaku jika tidak terjadi ‘setting game’

Gamebird
Angka yang memberi kesempatan kepada pemain yang sedang melakukan servis memenangkan pertandingan

Hairpin net shot
Pukulan yang dilakukan dari arah bawah, dekat jaring, sehingga arah shuttle menuju keatas, dan tepat melampaui jaring, untuk kemudian jatuh dengan tajam ke bawah di sisi lapangan lawan. Nama hairpin (jepit rambut) diambil dari bentuk arah layang shuttle yang mirip dengan benda tersebut

Half court shot
Pukulan setengah lapangan; pukulan yang diarahkan ke tengah lapangan lawan. Biasanya arah layang shuttle rendah. Pukulan ini biasanya digunakan dalam pertandingan ganda dan ganda campuran bila lawan berada dalam formasi di depan dan di belakang

Hand in
Istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa pemain yang melakukan pukulan servis, tetap berhak untuk melakukan servis berikutnya (dikenal dalam pertandingan bulutangkis yang menggunakan sistem tradisional (dengan hitungan 15)

Hand out
Satu pemain dari tim ganda telah kehilangan kesempatan servisnya (dikenal dalam permainan bulutangkis yang menggunakan sistem tradisional atau sistem dengan hitungan 15)



IBF
International Badminton Federation; Organisasi Bulutangkis Internasional, didirikan pada tahun 1934 

Inning
Istilah yang digunakan untuk kegiatan melakukan servis; waktu ketika suatu tim atau seorang pemain melakukan pukulan servis

Kill
Mematikan; pukulan pengembalian yang cepat dan mengarah ke bawah, biasanya tidak dapat dikembalikan oleh lawannya

Let
Penghentian permainan secara sah, yang diperintahkan oleh yang berwenang di luar lapangan permainan. Dapat diajukan setelah suatu rally, bila pemain melakukan atau menerima servis dari bidang servis yang salah (tergantung pada siapa yang memenangkan rally tersebut). Rally yang terakhir tidak berlaku.

Love
Istilah yang digunakan untuk menyatakan tidak ada angka. Bila nilai ‘3-love’, maka artinya adalah pemain yang melakukan servis mempunyai nilai 3, sedangkan lawannya belum mempunyai nilai (0). Wasit biasanya memulai pertandingan tunggal dengan menyebutkan ‘love-all, play’

Love all
Istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa kedua pemain atau tim yang sedang bertanding belum memperoleh nilai (nol-nol). Istilah ini juga digunakan bila pertandingan di-set

Match
Biasanya dua pertandingan terbaik dari tiga pertandingan

Matchpoint
Angka yang apabila dimenangkan oleh pemain yang melakukan servis, maka pemain tersebut akan memenangkan pertandingan (hanya dikenal dalam pertandingan yang menggunakan sistem tradisional atau sistem dengan hitungan 15)

Midcourt
Tengah lapangan; bagian lapangan kira-kira pertengahan antara jaring dan garis belakang lapangan

Net shot
Pukulan jaring; pukulan yang dilakukan dari depan lapangan (forecourt), sehingga shuttle tepat melampaui jaring, dan kemudian jatuh ke lapangan lawan dengan cepat

Obstruction
Menghalangi; bila seorang pemain menghalangi atau mengganggu lawannya yang sedang melakukan pukulan. Biasanya istilah ini dinyatakan bila seorang pemain yang telah melakukan pukulan jaring yang lemah, mengangkat raketnya ke jaring untuk menghalang-halangi lawannya mematikan shuttle

Overhead
Pukulan yang dilakukan pada ketinggian lebih tinggi daripada kepala pemain yang sedang melakukan pukulan

Passing shot
Pukulan yang melayang melalui atau melewati sisi atau atas kepala lawan

Racket
Alat yang dipegang dalam tangan pemain, dan digunakan untuk memukul shuttle

Rally
Pukulan-pukulan yang dilakukan berurutan antara pemain yang bertanding, dimulai dengan servis sampai shuttle mati (menyentuh lantai)

Rally point
Suatu sistem dalam pertandingan Bulutangkis yang perhitungan angka/nilainya selalu bertambah di pihak yang dapat mematikan permainan lawannya, baik ketika memegang servis maupun ketika tidak memegang servis. Dalam sistem ini, satu game ditentukan dengan pencapaian angka 21 (jika tidak terjadi setting game), dan para pemain boleh melakukan konsultasi dengan pelatihnya masing-masing apabila salah satu pihak telah mencapai angka 11

Ready position
Posisi siap; posisi siap sedia dari pemain sebelum lawannya mulai memukul shuttle. Biasanya lutut agak ditekukkan dan raket berada kira-kira setinggi dada

Receiver
Pemain yang menerima pukulan servis

Round the head shot
Pukulan memutar diatas kepala; pukulan forehand  yang dilakukan dari sisi backhand tubuh pemain. Biasanya diayunkan dari atas kepala dan dapat merupakan clear, drop, ataupun smash

Rush the serve
Membabat servis; gerakan servis cepat menuju jaring yang dilakukan oleh pemain yang menerima servis, tepat pada saat shuttle melewati jaring. Biasanya dilakukan dalam pertandingan ganda atau ganda campuran untuk mematikan servis rendah yang lemah

Second serve
Servis kedua; Istilah yang digunakan dalam pertandingan ganda untuk menyatakan bahwa salah satu pemain telah kehilangan servisnya (shuttle mati), dan partnernya masih mempunyai kesempatan untuk melakukan servis kedua (hanya dikenal dalam sistem tradisional atau sistem dengan hitungan 15)

Serve
Servis; pukulan untuk memulai suatu permainan, dengan memukul shuttle ke sisi lapangan lawan

Server
Pelaku servis; pemain yang melakukan pukulan servis

Service
Servis; pukulan permulaan untuk memainkan shuttle

Service court
Bidang servis; daerah ke arah mana pukulan servis harus dijatuhkan. Batas daerah ini tergantung pada jenis permainan (tunggal atau ganda) dan pada nilai saat itu

Setting
Metode untuk memperpanjang pertandingan dengan cara memainkan angka-angka tambahan, pada saat nilai mencapai nilai khusus tertentu. Pemain atau tim yang lebih dahulu mencapai nilai khusus ini mempunyai hak untuk mengajukan set tersebut. Istilah ini hanya dikenal dalam pertandingan yang menggunakan sistem tradisional atau sistem dengan hitungan 15

Short service line
Garis yang berjarak 198 cm (6 kaki 6 inci) dari jaring. Pada pukulan servis, shuttle harus jatuh di belakang garis ini

Shuttlecocks
Nama resmi dari bird  atau shuttle. Ada dua jenis (1) dengan bulu dari bulu angsa; dan (2) dengan bulu dari nilon

Side in
Sisi dalam; istilah untuk sisi lapangan yang pada saat itu berhak untuk melakukan servis

Side by side formation
Formasi bersisian; salah satu formasi pemain dalam pertandingan ganda atau ganda campuran, di mana pemain dan partnernya berdiri bersisian

Sling
Istilah yang dipakai bila shuttle dibawa oleh raket sehingga pukulan menjadi tidak sah (lihat juga carry)

Smash
Pukulan overhead yang keras, diarahkan ke bawah dengan tenaga yang kuat. Pukulan menyerang yang utama dalam permainan bulutangkis

Stroke
Pukulan; gerakan memukul shuttle dengan raket

Throw
Lihat Sling

Underhand
Pukulan yang dilakukan dengan shuttle disentuh pada ketinggian di bawah bahu. Biasanya nama ini digunakan untuk pukulan-pukulan yang mengarah ke atas

Unsight
Bila Partner dari pelaku servis berdiri pada posisi sedemikian rupa sehingga lawan yang menerima servis tidak dapat melihat shuttle ketika sedang dipukul. Posisi ini tidak sah

Up and back formation
Formasi di depan dan di belakang; salah satu formasi dalam pertandingan ganda dan ganda campuran. Formasi ini lebih sering dilakukan dibandingkan dengan formasi bersisian

Wood shot
Pukulan bila shuttle disentuh oleh rangka raket, merupakan pukulan yang sah